Saturday, May 9, 2009

Good Listener -090509-

it's a rush week,, nope! rush month!!! arrgghh,, i'm tired!

Hari ini gw ikut diklat Mankom and humph,, menyenangkan apalagi bagian yang Kang Alfa jadi pembicara tentang Leadership. Bener-bener trainer yang mantab abiss hoho. Dan yang paling gw sukain adalah bagian dimana dia sharing tentang how to be a good listener. Okay this is what i've got:

  1. Jangan memotong pembicaraan orang
  2. Jangan menyelesaikan kalimat orang
  3. Jangan memikirkan apa yang akan kita katakan sebagai tanggapan dari apa yang mereka katakan

And then ada beberapa tahapan lagi yang harus kita lakukan sebagai bentuk apresiasi kita terhadap pembicara/orang yang lagi curhat,, here is,,
  • kosongkan otak dari pikiran dan judgement
  • duduk dan condongkan badan ke arah pembicara
  • dan kasih feed back such as "oh ya" "humph"

Terkadang orang berbicara pada kita bukan untuk mendengarkan judgement atau pendapat kita. Kadangkala, mereka hanya butuh didengarkan dan gue baru sadar betapa besarnya keajaiban 'didengarkan' itu tadi. Gue sendiri sering banget ngomong sama temen gue dan pada ujungnya gue sendiri yang menemukan jawaban. Temen gue cuma ngedengerin doang. Yap,, gue baru sadar bahwa itu sebenarnya adalah salah satu keajaiban dari mendengarkan.

Saat temen gue curhat, yang sering gue lakukan adalah berpikir, berpikir tentang apa yang seharusnya gue jawab dari masalah dia. Solusi apa yang tepat. Gue terlalu mikir sampe'-sampe' kadang gue justru g' fokus sama apa yang temen gue omongin,,. Dan gue g' sadar bahwa sebenarnya bukan saja solusi saja yang ia butuhkan,, tapi juga didengerin setulus hati,,

how dramatic?

Sebenernya bukan itu aja yang dshare sama Kang Alfa,, banyak banget,, tentang kepemimpinan,, but like what i told you,, it's busy time,, cuma ini dulu yang bisa gue masukin k blog,, semoga berguna buat kita semua amien,,

No comments:

Post a Comment