Wednesday, October 28, 2009

Kompleksitas dalam Kesederhanaan

Ini semua berawal dari curi-curi obrolan waktu lokakarya POSTER 2009 bareng Yulvi.
Jadi, gw share pendapat tentang Rian yang lagi ngomong ngejawab pertanyaan senior di Lokakarya 2009. Kurang lebih begini percakapan gue sama Yulvi,,

Yulvi : Ni orang keliatannya hedon tapi setiap ada kegiatan, setiap ada apa-apa selalu dia yang berdiri di tengah-tengah dan ngasih penjelasan. Sedangkan gue cuma bisa diem g komentar apa-apa cuma bisa bilang iya-iya aja
Gue : Dia calon orang sukses Yulvi!
Yulvi manggut-manggut.
Gue : gue mungkin g seaktif mereka,, gue g sengerti mereka. Tapi gue yakin gue bisa sukses! dengan cara gue sendiri tentunya,,
Yulvi : Iya setiap orang juga pasti punya cara sendiri untuk sukses. Gue juga, mungkin bukan dijalan mereka gue bakal sukses, sekarang mungkin gw belum nemuin jalan yang cocok. Tapi mungkin ntar, dan lebih pada keyakinan gw saat gw ngelakuin apa yang gw pilih gw bakalan sukses,,
Gue : (ngangguk) sebenernya impian gue simple banget Yulvi,, gue pengen punya butik dari hasil karya-karya gue, dan orang suka,, puass,, make' apa yang gue bikin,, dan gue ngga' peduli gimana lainnya..

Then,,, Yulvi bilang bahwa tanpa kita sadari, suatu hal yang kompleks itu berasal dari hal-hal yang sederhana.
Kalo dipikir lagi emang iya sih, sama kaya' gue bilang impian gue sederhana. Gue pengen jadi owner butik. Tapi yang gue lakuin kompleks banget sampe' gue masuk FIKOM. Padahal gampang aja, gue tinggal masuk ESMOD atau La Salle College aja trus gue bikin butik deh. Gue justru ambil jalan muter buat meraih impian gue.
Gue sempet baca bahwa sebenernya sesuatu yang sederhana itu punya kerumitannya sendiri, baik dari struktur, sistem, siklus, bentuk dan lain sebagainya. Tapi karena hal yang kompleks itu disajikan dengan sesuatu yang tidak membingungkan,, akhirnya muncul konsep sederhana.
Sama kaya' lo liat matahari yang tiap pagi terbit di timur terus tenggelam di barat,, kalo diliat pake' mata telanjang simple banget. Tapi kalo lo teliti lebih dalem,, sistem yang bikin kejadian itu kompleks banget. Mulai dari rotasi bumi,, sampe' revolusi bumi ngelilingin matahari,,

Dan sekarang gw percaya, setiap masalah kompleks yang ada,, bisa jadi sebenernya sederhana. Yang gue perlu laku'in adalah melihatnya dari berbagai sudut pandang,, dan kalo hal yang rumit bisa jadi sederhana kenapa kita mesti bikin yang sederhana jadi rumit?

1 comment:

  1. ybner Rin..tapi hari itu sebenernya yang mo gw bilang sebaliknya,,kalo hal-hal sederhana itu sebernauntuk ngewujudinnya kompleks..kaya mac book.simple.tapi lo kebayang g si gmn itu perusahaan ngedesain produknya sedetail mungkin mpe bisa smuanya putih n sesimple itu?!

    sama kaya yang sering gw alamin, baru2 ini tuh gw pengen cari kacamata yang simple n enak dipake. tapi ternyata nyarinya susah bgt.g sesimple kaya mau gw itu.hahaha..

    jdi y begitu,kadang hal-hal rumit itu berasal dari yang simple,n yang simple itu ngewujudinnya rumit. see..menarik kan?!haha

    ReplyDelete